komunikasi  Perkataan John Lenon yang paling populer sehingga menjadi kalimat utama pada banner magister ilmu komunikasi Undip adalah

   “THE MIRACLE TODAY IS COMMUNICATION”

Berawal dari kebingungan ketika memilih jurusan pada saat mengisi formulir SNMPTN 4,5 tahun yang lalu. Well akhirnya berbekal kegemaran corat-coret di buku diary (sampai berseri-seri dari zaman masih culun sampai zaman alay) akhirnya saya melingkari jurusan ilmu komunikasi dan memilih Undip sebagai PTN tujuan saya.

Kemudian saya berdiskusi dengan salah satu teman SMP saya yang juga diterima di jurusan ilmu komunikasi Unpad. Diskusi tentang alasan dan mengapa kami mengambil jurusan ilmu komunikasi tersebut. Begini ceritanya:

Pada zaman revolusi industri dulu, orang yang bisa menguasai dunia adalah orang yang mempunyai mesin- mesin canggih, mengingat revolusi industri adalah sebuah masa peralihan dimana tenaga manusia digantikan dengan tenaga mesin dalam setiap aspek kehidupan terlebih dalam bidang produksi. So? apa hubungannya sama komunikasi?

Eits ada donk hubungannya. Ketika zaman revolusi industri, orang yang mempunyai mesin-mesin canggih yang berkuasa, lain halnya dengan zaman reformasi seperti pada saat ini. Pada zaman reformasi, orang yang berkuasa adalah orang yang bisa menguasai atau sebagai pemilik media. Why? Kenapa?

“Kuasai dulu media, maka kau akan menguasai dunia.”

Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing dengan kesimpulan ini. Tapi setelah berkenalan lebih jauh dengan ilmu-ilmu tentang komunikasi, sekarang aku membenarkan hal tersebut. Komunikasi bukan sekedar sebuah kegiatan yang biasa bahkan sangat biasa karena setiap hari orang pasti melakukan kegiatan ini. Lebih dari itu, komunikasi memiliki arti yang sangat luas. Bayangkan jika tidak ada kegiatan itu, akan berbentuk seperti apa dunia ini. Tidak ada interaksi. Bahkan mungkin tidak akan ada dunia. Itulah mengapa menurut saya John Lenon mengatakan bahwa komunikasi merupakan sebuah keajaiban yang terjadi pada hari ini.

egg4

Pelajaran awal yang di dapat adalah pelajaran-pelajaran umum. Mulai dari pengantar ilmu komunikasi, sampai kepada komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, sampai kepada tingkatan yang paling luas yaitu komunikasi massa. Komunikasi massa merupakan proses penyampaian pesan dengan menggunakan media massa seperti televisi, radio, koran, majalah, tabloid, internet dan lain sebagainya.

“Ciri khas komunikasi massa: dapat menjangkau ribuan bahkan jutaan audiens”

Kenapa ya media massa memiliki arti yang begitu penting?

  1. Melalui media massa kita mengetahui hampir segala sesuatu yang kita tahu tentang dunia di luar lingkungan dekat kita
  2. Warga yang berpengetahuan dan aktif akan sangat mungkin terwujud di dalam demokrasi modern hanya jika media massa berjalan dengan baik.
  3. Orang membutuhkan media massa untuk mengekspresikan ide-ide mereka ke khalayak luas
  4. Negara-negara kuat menggunakan media massa untuk menyebarkan ideologinya dan untuk tujuan komersil

Karena pentingnya peranan media massa tersebut,  banyak orang yang berlomba-lomba untuk menunjukkan eksistensinya dalam dunia media. Termasuk dalam media internet dimana pada saat ini dikenal dengan jejaring sosial yang sangat digandrungi.

Selain itu, bagi para pencari profit, perkembangan media massa dianggap sebagai suatu peluang untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Seperti yang dikatakan dalam teori Spiral tentang sejarah, bahwa sejarah akan berulang. Hanya saja pemainnya yang berbeda. Maka sejarah pada masa revolusi industri akan berulang pada zaman reformasi, hanya saja pemain dan perihalnya yang berbeda.

Akibat dari persaingan yang begitu ketat dalam dunia media massa, Banyak pemilik media tidak memperhatikan lagi kode etik dan kemanfaatan dari isi media yang dimilikinya. Memang berkenaan dengan isi media yang akan ditayangkan dan dinikmati oleh jutaan pirsawan, bukan mutlak sepenuhnya berada di tangan pemilik media, karena sebenarnya media menyajikan apa yang diinginkan oleh pirsawan. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih tontonan-tontonan yang bermanfaat untuk diri kita. Karena sejatinya setiap orang mempunyai filter dalam dirinya masing-masing untuk menyaring informasi-informasi yang diterimanya.

Kondisi media saat ini sering mendapat sorotan tajam dimana apa yang ditampilkan terkadang lebih banyak memuat unsur negatif. Ada sebuah istilah gatekeeper yang menentukan sebuah informasi dapat diteruskan kepada khalayak atau tidak. Pada posisi-posisi inilah dibutuhkan adanya orang yang bertanggungjawab, tidak hanya ahli dalam bidangnya namun juga mempunyai kepedulian yang sangat besar terhadap pengaruh yang akan ditimbulkan dari apa yang disajikan oleh media.

Memang setiap profesi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain tapi saya masih jarang menjumpai orang  yang menginginkan  untuk berkuliah di jurusa ilmu komunikasi. Padahal jika melihat peluang kedepan, jurusan ini sangat potensial. Jika goal yang dituju adalah jabatan dan pekerjaan, jurusan ini cukup menjanjikan dimana setiap perusahaan pasti membutuhkan humas atau pr. Atau jika yang dituju adalah pengembangan diri dan hobi, maka jurusan ilmu komunikasi sangat tepat untuk mengembangkan diri di bidang public relation dan jurnalistik yang lebih khusus ada beberapa cakupan di dalamnya seperti advertising, event organizer, broadcast dan lain-lain. Jadi? kenapa harus ilmu komunikasi? 😉