IMG01667-20141226-0757

Alhamdulillah putaran hari pertama di tahun 2015 disambut dengan rintikan gerimis. Suasana menjadi adem dan sangat nyaman untuk melanjutkan mimpi (kalau nggak inget laranan tidur habis subuh Rasulullah mah udah meluk guling lagi hihi πŸ˜€ ) sholehah kami juga masih terlelap mengingat semalam tidurnya galau (glebak sana-glebak sini) gara-gara bunyi terompet para tetangga dan orang lewat yang melarutkan diri dalam euforia sesa(a)t pergantian tahun.

Tepat pada tanggal 1 januari ini, Adzkiya memasuki usia 5 bulan. Dan seperti biasa ketika sholehah kami memasuki usia yang baru, saya sibuk searching untuk mengetahui seperti apa sih perkembangan bayi di usia 5 bulan itu. Hal ini saya maksudkan agar saya bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan si kecil untuk menunjang perkembangannya. Informasi yang saya dapat mengenai perkembangan bayi usia 5 bulan sangat-sangat menakjubkan (bulan-bulan sebelumnya juga perkembangannya selalu membuat saya takjub sih hehe πŸ˜€ ) berikut rangkuman yang saya baca dari beberapa situs di internet tentang perkembangan bayi usia 5 bulan:

1. Bayi mulai belajar berbicara

Pada usia ini, bayi akan lebih banyak mengeluarkan kata-kata baru. Walaupun mungkin masih terdengar seperti menggumam namun jika diperhatikan dengan seksama, akan muncul konsonan-konsonan kata baru yang lebih jelas pengucapannya. Seperti yang dialami oleh Adzkiya, mendekati usia 5 bulan, dia mulai suka teriak-teriak dan mengoceh. Satu kata yang sering diucapkannya adalah “bu..bu..buuuu” dan saya sangat suka melihatnya karena ekspresinya sungguh menggemaskan dengan bibir monyong ke depan hihii. Dalam menyokong kemampuannya berbicara, bayi akan lebih memperhatikan orang-orang di sekitarnya. Adzkiya pun begitu, kalau saya sedang ngobrol dengan oran lain di dekatnya, dia seperti menyimak apa yang kami obrolkan. Untuk mendukung kemampuannya dalam berbicara, hendaknya sang ibu lebih sering mengajaknya berdialog. Setiap kali melakukan sesuatu di depan bayi, hendaknya disertai dengan kalimat-kalimat untuk mengajaknya berinteraksi. Dan memang seperti itulah bayi belajar berbicara (kata web site yang saya baca πŸ™‚ )

2. Bayi memiliki ekspresi yang lebih banyak

Ekspresi yang ditunjukkan oleh Adzkiya lebih beragam.

(to be continue yaaaa… Adzkiya nya bangun πŸ˜€ )

Lanjut lagi..setelah selesai dimandikan seperti biasanya dibacakan ayat quran lama-lama ngantuk, Adzkiya nya melanjutkan bobo cantiknya dek hehe 😁😁
Soal ekspresi, bayi 5 bulan akan menunjukkan ekspresi yang berbeda-beda pada saat dia lapar, ngantuk, bosan, ataupun pada saat minta digendong. Hal ini sebenarnya bisa lebih memudahkan ibu untuk mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan oleh si bayi. Adzkiya kalau lapar dan ngantuk, kedua kakinya akan menendang-nendang dan diikuti dengan rengekan singkat. Kalau sudah minum susu langsung merem tidak sampai lima belas menit πŸ™‚

3. Belajar duduk
Bayi umur lima bulan kebanyakan lebih suka didudukkan tegak. Hal ini dikarenakan dia mulai memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan akan mengeksplorasi apa yang ada di dekatnya. Namun lebih baik diberi bantal atau ditahan dengan tangan karena tubuh bayi belum cukup kuat untuk menopang sendiri berat badannya sehingga akan membungkuk. Saya sendiri belum berani mencoba melepaskan pegangan ketika Adzkiya dalam posisi duduk, disamping takut badannya bungkuk juga takut dia terjungkal, walaupun sebenarnya beberapa bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa topangan selama beberapa detik. Tapi rasanya kok belum saatnya Adzkiya duduk 😅 tanda2 itu sebenarnya sudah ada. Sewaktu duduk di stroller badan Adzkiya mulai ditegak2an sendiri juga ketika akan digendong,badan dan kepalanya sudah dicondongkan ke depan menyambut uluran tangan saya. Sabar sulu ya sayang… Kita belajar duduk sedikit demi sedikit 😘😘 semakin sering didudukkan semakim cepat dia belajar duduk (katanyaaaa)

4. Makan selain ASI
Ada aturan dari WHO bahwa makanan pendamping ASI baiknya diberikan pada usia diatas 6 bulan. Namun dalam beberapa kasus, ada ibu yang sudah memberikannya sejak 5 bulan. Seperti teman saya, ketika usia anaknya 5 bulan, dia sudah diberi biskuit. Hal ini dikarenakan hobi anaknya yang suka memasukkan tangannya ke mukut,daripada tangannya kisut diemut-emut akhirnya dicoba untuk memberikan biskuit bayi. Sebenarnya boleh juga kalau sang bayi merespon dan tidak memuntahkannya berarti dia sudah siap menerima makanan selain ASI. Adzkiya insya Allah bulan depan aja ya nak,umi kasih MPASI nya.. Uminya juga mau searching2 dulku masalah MPASI dan berbagaimacam menunya, agar siap nanti bulan depan memasakkannya untukmu hehe 😁

5. Perkembangan motorik
Bayi sudah lebih kreatif dari sebelumnya, karena itu jangan coba-coba membiarkannya tidur sendiri di tempat yang tinggi tanpa pengawasan. Adzkiya masih dalam fase muter2. Pada saat tidur kepala di utara, kadang ketika bangun kepala nsudah di selatan. Nanti kalau sudah bisa bergerak harus lebih waspada lagi nih 😠 selain itu, Adzkiya sudah mukai bisa meraih benda2 yang diketakkan di depannya, seperti mainannya. Dalam menggenggam juga semakin kuat..sudah banyak yang menjadi korban ketika tangamnya menjambak rambut orang2 yang dekat dengannya😝😝

Well itu garis besar perkembangan anak usia 5 bulan semoga bermanfaat. Alhamdulillah si kecil masih bobo.. Uminya bisa ngapa-ngapain dulu deh πŸ™‚ happy to be mommy 😄😄

Iklan